Sistem Operasi - Chiva

APA HUBUNGGANNYA OS DENGAN INFORMATIKA, KENAPA HARUS MEMPELAJARI OS?

Informatika adalah disiplin ilmu yang mempelajari transformasi fakta berlambang yaitu data maupun informasi pada mesin berbasis komputasi(Ade Johar, 2012: 61) Sedangkan Operating System/ Sistem Operasi adalah suatu sistem yang terdiri dari komponen – komponen kerja dan membuat metode kerja yang digunakan untuk memanfaatkan mesin, sehingga mesin dapat bekerja sesuai dengan yang diinginkan. Fungsi utama sistem operasi sebagai media interaksi manusia dengan mesin, yang berarti bagaimana manusia dapat memahami mesin dan sebaliknya sehingga menjadi patner yang saling “understanding” untuk melakukan suatu tugas tertentu.(Abas Ali Pangera M.Kom. dan Dony Ariyus, 2005: 2) Jadi mengapa informatika harus mempelajari operasi sistem karena operasi sistem sebagai media atau perantara antara manusia/ seseorang dengan mesin berbasis komputasi dalam ilmu informatika.

APA SAJA SIH YANG DIPELAJARI PADA OS?

Mari kita simak pejelasan berikut ini…..

Perhatikan bahwa materi ini bukan sedang mengajarkan anda cara Memakai Linux atau Windows,Andoid maupun Mac Tapi materi ini adalah materi sampai tahap bagaimana Sistem Operasi bekerja and bagaimana cara membangun sistem operasi tersebut. Idealnya jika praktikum di Sistem operasi ini adalah membuat program sistem yang berhubungan dengan Kernel, Proses, Memori Manajamen, Sistem Call dan Topik lanjutan lainnya, termasuk membuat Driver untuk Hardware tertentu.(Candralab. 2017. http://www.candra.web.id/mengenal-mata-kuliah-jurusan-teknik-informatika/, 25 Juli 2016)

TAHUKAH ANDA SISTEM OPERASI TERDIRI DARI 5 BAGIAN, APA SAJA ITU?

Penasaran kan… Yuk kita abda dan pahami penjelasan dibawah.
Pertama, Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi. Kedua, Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix).Ketiga, Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware.Keempat, Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat.Dan yang terakhir adalah Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan penggunaan sumber daya yang tidak perlu.(Spanza, Magista. 2012. http://blogmagista.blogspot.co.id/2012/09/bagian-bagian-dari-os.html, 4 Juni 2013)
 
Article's Author: Chiva Olivia Bilah/16520244016
 

Comments

Popular Posts