Sistem Operasi - Ummu

Mengapa belajar sistem operasi?

Sistem operasi dipelajari agar kita dapat mengoptimalkan kinerja dari OS pada komputer, membantu memecahkan masalah sistem operasi yang berat, juga agar kita dapat mengembangkan fngsi-fungsi penting darinya.

Bagi para mahasiswa informatika (atau mungkin penggiat lain yang sangat berhubungan dengan komputer) kebutuhan untuk mempelajari sistem operasi komputer sangatlah tinggi. Hal ini disebabkan karena kebutuhan dari seorang ahli komputer bukan hanya menggunakan sistem operasi komputer, namun juga berperan dalam melakukan pengembangan dan juga perawatan atau maintenance dari sistem operasi yang digunakan dalam komputer tersebut. Karena itu, biasanya mereka sanggup melakukan modifikasi dan juga perbaikan dari sebuah sistem operasi, yang mungkin sulit untuk dilakukan oleh pengguna biasa.

Apa yang dipelajari dalam sistem operasi?


Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar sistem komputer dan sistem operasi komputer yang meliputi manajemen proses, manajemen memori, manajemen perangkat I/O, dan manajemen file.

Apa saja bagian sistem operasi?

  1. Mekanisme Boot, yaitu meletakan kernel ke dalam memory kernel, kernel dapat dikatakan sebagai inti dari Sistem Operasi.
  2. Command Interpreter atau Shell, bertugas untuk membaca input berupa perintah dan menyediakan beberapa fungsi standar dan fungsi dasar yang dapat dipanggil oleh aplikasi/program maupub piranti lunak lain. Contoh dari Shell adalah : Command Prompt pada Windows XP (DOS pada Windows 98), XTerm dan Konsole di Mesin Linux (Unix). 
  3. Driver untuk berinteraksi dengan hardware sekaligus mengontrol kinerja hardware. 
  4. Resource Allocator. Sistem Operasi bertugas mengatur dan mengalokasikan sumber daya dari perangkat. Handler. Handler berperan dalam mengendalikan sistem perangkat agar terhindar dari kekeliruan (error) dan iienggunaan sumber daya yang tidak perlu.
Article's author: Ummu L./16520244013

Comments

Popular Posts