Operating System (Sistem Operasi)

Operating system atau sistem operasi berdasarkan berbagai sumber adalah suatu software diantara hardware dan user bertanggung jawab untuk manajemen dan koordinasi aktivitas dan pembagian sumber daya yang ada untuk proses komputasi (perhitungan) yang berjalan pada mesin utama komputer. Disini saya sebagai penulis merupakan mahasiswa suatu perguruan tinggi yang menggeluti bidang TI, lebih tepatnya Pendidikan TI. Lalu apa kaitan OS terhadap bidang TI ataupun jurusan yang sejenis? Apa saja bagian yang ada dalam sebuah OS? Lalu, untuk bidang informatika (TI) itu sendiri, yang dipelajari dari OS apa saja? Dalam artikel ini akan dibahas jawaban dari pertanyaan tersebut.

1. Kenapa kita harus mempelajari OS khususnya bidang informatika?

Setiap hari kita menjumpai berbagai jenis sistem operasi. Mayoritas masyarakat beranggapan sistem operasi berhubungan dengan Windows, Linux, atau MacOS yang digunakan untuk laptop. Namun, OS (sistem operasi) tidak hanya sebatas itu saja, seperti dahulu Nokia menggunakan SymbianOS untuk produk mereka, ataupun BlackBerry OS yang digunakan untuk HP / Smartphone BlackBerry, yang pada akhirnya hampir semua terganti dengan kehadiran Android.

Dari sebuah forum di internet, bernama Quora, ada yang menanyakan "Why do you need study operating system?", pertanyaan tersebut sama dengan pertanyaan pertama kita, hanya saja lebih dikhususkan untuk bidang informatila. Penjawab dari forum tersebut mengatakan bahwa komputer sudah menjadi sangat kompleks, sehingga kita membutuhkan suatu lapisan yang bisa digunakan secara mudah untuk mengatur interaksi dari komputer, selain itu, penjawab di forum itu juga mengatakan 3 hal dalam bahasa Inggris yang akan penulis terjemahkan.
  • "Kita akan mengoperasikan komputer langsung ke Hardware jika tidak ada OS". Hal ini tentu akan sama dengan pengoperasian komputer generasi awal saat perang dunia ke-dua.
  • "Kita akan menggunakan teknologi yang tua dan ketinggalan zaman jika kita tidak berusaha meningkatkannya". Kalimat ini berhubungan dengan teknologi manusia yang perkembangannya sangat pesat dan beragam, yang tentu bisa kita baca di The Verge, Engadget, Mashable, dan website lainnya yang menyediakan artikel, berita, atau bacaan tentang kemajuan teknologi.
  • "Kita tidak akan memiliki Linux, Windows, Mac, kernels, dan lainnya untuk bekerja secara efisien melainkan kita hanya akan berloncatan (menari berloncatan) di sekitar api unggun dengan batang kayu yang besar bukan?" Poin ke-tiga ini kembali lagi mengacu kepada perkembangan teknologi manusia, karena kita tidak akan menari-nari mengelilingi api unggun lagi, melainkan mengubah hal yang ada menjadi semakin mudah.
Berdasarkan 3 poin tersebut, sebuah sistem operasi menjadi sebuah hal mendasar dalam kegiatan sehari-hari yang berhubungan dengan komputer (secara umum), namun penulis tidak akan menjelaskan komputer secara detail apa itu komputer.

Sistem operasi dalam keseharian bidang informatika sangat penting, karena hampir atau mungkin setiap hari pekerjaannya menggunakan komputer, hal tersebut apabila kita lihat secara kasat mata. OS ini akan mempermudah pekerjaan user, seperti membuat aplikasi dan lain sebagainya. Seperti pada paragraf dua tadi, hal yang kita gunakan dalam komputer, maupun Smartphone menggunakan OS yang menjadi jembatan antara hardware dan user. Lalu, untuk bidang informatika sendiri yaitu:
  • Memudahkan pekerjaan.
  • Bisa melakukan pengembangan untuk OS.
  • Bisa mendeteksi dan mengatasi masalah pada OS.
  • Melakukan optimasi terhadap hardware, atau bisa kita sebut overclocking.
  • Bisa lebih mendalami tentang OS itu sendiri.
Untuk jawaban terkait pertanyaan ini mungkin akan menimbulkan beragam jawaban, di mana penulis juga kurang tahu jawaban apa yang akan diberikan untuk sesama bidang informatika.

2. Bagian-bagian apa saja yang ada dalam sebuah OS?

Secara garis besar, sebuah OS terdiri atas kernel dan shell. Kernel merupakan sebuah lapisan yang berhubungan langsung dengan kernel, sedangkan shell merupakan lapisan penghubung antara user dengan kernel. Kernel sekarang ini tidak lagi dipakai, namun kata-kata "kernel" diganti oleh "user land". Komponen-komponen OS yang di dapat dari berbagai macam sumber yaitu
  1. User Interface (UI)
  2. Job management
  3. Task management
  4. Memory management
  5. File management
  6. Device management
  7. Security 
  8. Network Service
  9. Interrupt Handling

3. Apa yang perlu dipelajari tentang OS?

Hal yang perlu dipelajari dari OS tentu saja tidak jauh dari komponen-komponen OS, karena komponen OS merupakan hal yang mendasar dari suatu OS agar bisa berjalan.
  • Manajemen dari OS (file, device, memory, job dan lainnya)
  • Keamanan OS
  • User Interface OS
  • Network dari OS
  • Cara kerja dari OS
  • Permasalahan dari OS dan troubleshooting-nya
Demikian artikel tentang OS ini dibuat, tentu saja kita perlu banyak tahu tentang OS terutama bidang informatika, agar lebih mudah mengetahui penyelesaian jika ada suatu masalah OS dan tidak terpaku hanya menggunakan satu jenis OS saja.

References and reading lists:

Comments

Popular Posts