Sistem Operasi - Ketut Agus

A. Mengenal Sistem Operasi.

Sistem operasi atau yang juga dikenal dengan istilah Operating System (OS) adalah salah satu perangkat lunak atau software yang bertanggung jawab mengatur atau mengontrol kerja perangkat keras atau hardware dan menjalankan aplikasi atau software didalam suatu sistem komputer. Dengan kata lain sistem operasi adalah sistem yang mengendalikan operasi dasar dan memastikan sistem dalam komputer dapat berjalan dengan semestinya. Sistem operasi memungkinkan suatu aplikasi dapat berfungsi sehingga sistem operasi juga disebut sebagai essential component. Komputer dan sistemnya hanya dapat berfungsi dengan adanya sistem operasi kecuali jika komputer sedang dalam keadaan booting.

Dapat dipahami dengan jelas bahwa sistem operasi sebenarnya adalah penghubung antara perangkat keras atau hardware dengan perangkat lunak atau software. Saat komputer pertama kali dinyalakan, maka kita tahu bahwa yang sedang berjalan adalah sistem operasi dan kemudian setelah komputer menyala, barulah program dan aplikasi bisa berjalan.

B. Pentingnya memahami sistem operasi untuk anak TI

Sistem operasi sangat penting kehadirannya dalam suatu sistem komputer karena sistem operasi ini berperan sebagai jembatan penghubung antara user dengan komputer yang digunakan. Sistem operasi itu sendiri dapat dianalogikan sebagai lantai rumah dimana berfungsi sebagai dasar untuk meletakkan suatu barang yang kita ibaratkan sebagai program maupun aplikasi komputer.

Melihat dari besarnya peran sistem operasi dalam sistem komputer, maka kita sebagai mahasiswa teknik informatika, sangat wajib hukumnya untuk mempelajari sistem operasi tersebut. Dimana tujuan utamanya kita dapat memahami bagaimana sistem operasi bekerja dan diharapkan kedepannya agar dapat merancang sendiri serta dapat memodifikasi sistem yang telah ada sesuai dengan kebutuhan kita. Selain itu, agar kita dapat memilih alternatif sistem operasi, memaksimalkan penggunaan sistem operasi dan dapat menerapkan konsep dan teknik sistem operasi pada aplikasi lain.

C. Bagian- bagian sistem operasi

Sistem operasi dapat dibagi menjadi empat bagian utama, yaitu :
  1. Kernel
  2. Device drivers
  3. User interfaceS
  4. ystem Utilities

1. Kernel

Kernel memiliki tugas memuat aplikasi ke memori, memastikan tidak adanya konflik satu sama lain dan memungkinkan aplikasi untuk mebagi penggunaan CPU secara lebih efisien. Kernel juga menangani penyimpanan file dari dan menuju perangkat penyimpanan sekunder seperti hard disk dan drive optik.

Penggunaan sistem operasi tunggal tidak harus berurusan dengan jaringan, tidak seperti sistem operasi jaringan, di sisi lain, perangkat seperti ponsel harus memiliki kernel manajemen memori yang lebih efisien mengingat ponsel hany memiliki sumber daya memori yang terbatas. Jadi Kernel dari setiap jenis sistem operasi dirancang dengan tugas yang berbeda sesuai dengan kondisi perangkat dan kegunaanya.

2. Device drivers

Setiap bagian dari perangkat keras yang terhubung dengan komputer pastinya memiliki driver perangkat yang memungkinkan sistem operasi untuk mengontrol dan berkomunikasi dengannya. Pembuat printer, tablet grafis, scanner, kamera digital dan sebagainya, biasanya akan menyediakan driver untuk setiap sistem operasi.

3. User interface

Bagian ini berperan sebagai komunikasi visual antara user dengan perangkat dan sebagai jembatan sebelum user memasukkan perintah ke perangkat. User interface dapat berupa baris perintah dasar, seperti yang ditemukan pada komputer server, atau mungkin yang lebih “ramah” di mata yaitu yang disebut Graphical User Interface (GUI) seperti Mac OS X, Windows atau mungkin Gnome di Linux.

4. system Utilities

merupakan bagian dari sistem operasi yang menyediakan semua fasilitas dasar yang berjalan di background tanpa interaksi pengguna. Sebagai contoh : manajemen password kriptografi dan jasa manajemen file.

D. Hal yang inigin dipelajari dalam matakuliah sistem operasi

  1. Bagaimana sistem operasi itu bekerja.
  2. Bagaimana dasar mengedit sistem operasi yang bersifat open source sehingga menjadi sistem operasi yang dapat kita gunakan sesuai dengan kebutuhan tertentu
Article's author: Ketut Agus Sarjana Putra

E. Daftar pustaka

http://www.nesabamedia.com/pengertian-dan-fungsi-sistem-operasi/
http://computer.howstuffworks.com/operating-system1.htm
http://www.teach-ict.com/as_as_computing/ocr/H447/F453/3_3_1/features_of_os/miniweb/pg9.htm


Comments

Popular Posts